STIKES BU

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bahrul Ulum Jombang

Kampus Unggul Dengan Nilai-nilai Kepesantrenan

Pengumuman Kegiatan Orientasi Mahsiswa Baru (OPTIMA) Tahun Akademik 2017-2018

Berikut ini kami umumkan Kegiatan Mahasiswa Baru STIKES Bahrul Ulum Tahun Akademik 2017-2018. Kegiatan Orientasi Mahsiswa Baru ini akan dimulai hari Senin tanggal 11 September 2017. Untuk jadwal KEgiatan selengkapnya silahkan klik gambar berikut ini.

 

Kurikulum STIKES Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan di STIKES BAhrul 'Ulum mengacu pada kurikulum institusional Dikti.

1. Pola Kalender Akademik

Kalender akademik terdiri dari

a. Tahun Akademik: September Agustus,

b. Awal semester ganjil : bulan Agustus s.d bulan Januari

c. Awal semester genap: bulan Pebruari s.d Juli

2. Penyelenggaraan Pendidikan

a. Sistem Kredit

Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan pendidikan suatu mata, kuliah dinyatakan dalam kredit

b. Semester

Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut iringan kegiatannya termasuk 2 3 minggu kegiatan penilaian




c. Satuan Kredit Semester

Satuan kredit semester (SKS) adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menyatakan besamya beban studi peserta didik, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program, serta besamya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan dosen

3. Pembagian kegiatan studi dalam semester

Kegiatan belajar dalam satu semester dirinci sebagai berikut:

a. Kegiatan belajar mengajar : 15 17 minggu pertemuan

b. Tes keberhasilan tengah semester : bila telah separo dari total kuliah

c. Tes keberhasilan akhir semester : bila telah terselesaikan seluruh perkuliahan.

4. Tujuan Penerapan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS)

a. Tujuan umum pendidikan yang berlandasakan sistem SKS adalah untuk mernungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi dan luwes, sehingga memberi kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk memilih program menuju suatu jenjang akademik atau profesi yang dituntut oleh pembangunan.

b. Tujuan Khusus :

1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Mempermudah penyelesaian mata kuliah sesuai perkembangan masyarakat, ilmu dan tehnologi.

2. Memberi kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan peserta didik dapat diselenggarakan sebaik baiknya. Sarana pendidikan dapat digunakan lebih efisien dan efektif

5. Jenis dan nilai kredit pengalaman belajar

Jenis dan nilai kredit pengalaman belajar mencakup, antara lain :

a. Pengalaman belajar ceramah atau kuliah adalah kegiatan belajar

mengajar yang penyampainnya secara lisan.

Nilai kredit I SKS untuk PBC/ k adalah bila tiap minggu selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut:

Peserta didik :

- 50 menit acara tatap, muka terjadwal

- 60 menit acara kegiatan pengajaran terstruktur 60 menit acara kegiatan mandiri Tenaga dosen

- 50 menit acara tatap muka terjadwal

60 menit acara, perencanaan, pemeriksaan dan penilaian proses belajar mengaJar terstruktur

- 60 menit pengembangan materi atau bahan kuliah

b. Pengalaman belajar diskusi (PBD) atau seminar (S) adalah kegiatan belajar mengajar yang dikemukakan dalam diskusi kelompok.

Nilai kredit I SKS PBD/S mencakup 3 jam interaksi dan diskusi per minggu selama satu semester.

c. Pengalaman belajar praktika ( PBD ) atau praktek laboratorium (L)

Adalah kegiatan belajar mengajar di laboratorium yang memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman konkrit, menguji coba pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diperoleh sebelumnya dengan cara demonstrasi, re demonstrasi dan simulasi. Nilai I SKS PBP/L adalah bila tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan sebagai berikut: 180 menit praktek terjadwal

• 60 menit kegiatan akademik terstruktur

• 60 menit kegiatan akademik mandiri

d. Pengalaman belajar klinik (PBK) atau praktek klinik (P).

PBK memberi kesempatan belajar kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktekkan serta mencoba secara, nyata pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan untuk dipraktekkan secara utuh di klinik. Nilai kredit I SKS untuk PBK adalah 4 5 jam per minggu selama satu semester.


e. Pengalaman belaJar lapangan (PBL)

PBL memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh pada setiap, tahap pendidikan untuk dipraktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat.

f. Penyusunan karya tulis

Adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik dalam mengungkapkan kemampuan penalaran secara komprehensif melalui tulisan sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab profesi. Nilai 20 SKS.

g. Evaluasi Hasil Belajar

Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan guna melihat sejauh mana, tujuan pendidikan telah dapat dicapai oleh peserta didik dalam bentuk hasil belajar yang diperlihatkan setelah rnenempuh proses pembelajaran. Evaluasi pencapaian belajar diarahkan untuk mengetahui pencapaian kompetensi professional bidang keperawatan sesuai yang dipersyaratkan dalarn kurikulum

1. Evaluasi

Jenis evaluasi

a. Evaluasi hasil belajar dalam suatu mata kuliah dapat

meliputi :

1. Kuiz / ulang harian

2. Tugas

3. UTS (UjianTengah Semester)

4. Ujian praktiktun / praktek

5. UAS (Ujian Akhir Semester)

b. Bobot Penilaian:

Masing masing mata kuliah perlu diberi bobot penilaian yang telah ditetapkan. Pertimbangan bobot ditetapkan oleh dosen pengasuh mata ajar, kuliah yang bersangkutan dan harus diberitahukan kepada mahasiswa pada awal kuliah.

c. Nilai akhir

Nilai akhir merupakan huruf mutu ( A,B,C D atau E)

1. Dosen pengasuh mata, kuliah bertanggung jawab atas, kebenaran nilai akhir

d. Persyaratan Ujian:

Mahasiswa diperkenankan ikut UTS dan UAS bila memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang bersangkutan.

2. Memenuhi persyaratan achninistrasi yang ditetapkan institusi

3. Memenuhi persyaratan kehadiran sekurang kurangnya 75 % kegiatan kuliah yang diselenggarakan pada semester berjalan. Alas an ketidak hadiran hanya dibenarkan jika memenuhi ketentuan yang berlaku dan ditetapkan oleh Direktur.

4. Mengikuti seluruh kegiatan ( 100 % ) praktikum laboratorium, PKL, PKK, seminar atau kegiatan lain yang sejenis.

2. Penilaian hasil belajar

a. Cara Penilaian

Penilalan diberikan terhadap penguasan materi oleh mahasiswa, baik yang bersifat kognitif, psikomotor maupun afektif. Cara penilaian adalah menggunakan system penilaian standar mutlak atau Penilaian Acuan Patokan (PAP ) 'yaitu penilaian yang diacukan kepada tujuan instruksional yang harus dikuasal oleh peserta, didik.

b. Nilai

Nilai absolut adalah nilai murni ( mutlak ) yang dikelompokkan dalam bentuk pecahan dengan rentang skor antara 0 100. Nilai angka mutu adalah nilai yang berasal dari nilai absolut yang'dikelompokkan dalam bentuk angka desimal yang menunjukkan nilai mutu antara 0,00 4,00. Lambang atau huruf mutu adalah nilai yang berasal dari angka nilai mutu yang dikelompokkan dalam bentuk huruf A, B, C, D dan E.

Tabel Konversi Nilai

 No.      Nilai absolut       Angka Mutu         Huruf Mutu    
1. 80-100 3.51-4.00 A
2. 65-79 2.75-3.50 B
3. 55-64 2.00-2.74 C
4. 41-54 1.00-1.99 D
5. 0-40 0.00-0.99 E

c. Penghitungan nilai

Nilai akhir mata kuliah ( sebelurn dijadikan huruf mutu sekurang kurangnya merupakan gabungan dari tiga jenis evaluasi dengan bobot yang berbeda. Konversi dilakukan setelah sernua skor mentah tiap jenis evaluasi mate. kuliah digabungkan m, njadi skor akhir.

3. Indeks Prestasi Mahasiswa

a. Indeks Prestasi (IP)

IP adalah angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa dalam satu semester dan dihitung setiap akhir semester.

Rumus Penghitungan IP

IP = Jumlah ( Angka Mutu x SKS)
                             Jumlah SKS

b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

IPK merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan mahasiswa secara kumulatif nilai dari semester pertama sampai semester akhir yang ditempuh dan dihitung diakhir setiap semester.

Rumus penghitungran IPK:

lPK = Jumlah ( AM x SKS ) seluruh semester

Jumlah SKS seluruh semester